fungsi vLOOKUP dan HLOOKUP serta perbedaan penggunaannya
Fungsi Vlookup dan Hlookup pada MS Excel
Vlookup dan Hlookup pada ms.excel digunakan untuk mencari data pada table sumber. Perbedaan dari Vlookup dan Hlookup terletak pada sumber dari table tersebut. Contoh kasus paling sering terjadi pada penggunaan rumus ini adalah ketika kita ingin mencari nama suatu barang atau data yang banyak dan kita sudah mempunyai kode barang tersebut kita tinggal membuat table sumbernya .
Kasus Penggunaan VLookup dan Hlookup yang sering terjadi
Kode AK = AKuntansi
Kode TK = Teknik Komputer
Kode TKIN = Teknik kima
Kode TT = Tata Boga
Kode TK = Teknik Komputer
Kode TKIN = Teknik kima
Kode TT = Tata Boga
RUMUS VLOOKUP dan HLOOKUP pada MS.excel
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Lookup Value = adalah nilai dari data yang akan kita ambil, misalnya pada kolom tersebut sumber dari data adalah “ AK” yang nanti akan jadi sebagai AKutansi
Table array = adalah sebuah table sumber yang digunakan untuk mencari sumber dari data tersebut.
Col_ Index = indeks sumber dari data yang kita ambil.
Penyelesaian Rumus VLookup
Kita selesaikan kasus diatas dengan mencari isi pada Kolom D1 dengan cara menulis pada kolom D1 rumus berikut ini.
=VLOOKUP(C4,$G$4:$H$8,2,)
berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Rumus Vlookup dan Hlookup yaitu perbedaan antara False(Aprocimate) dan True (exact value) pada Lookup.
False = data yang diambil harus sesuai dengan yang ada pada pada sumbernya kalau tidak sesuai maka akan menunjukkan N/A atau noanwser
True= data ini akan mengambil nilai yang paling mirip dengan data yang dimaksud.
Perbedaan VLookup dan Hlookup.
Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara Vlookup dan Hlookup pada Ms.excel yang membedakan hanya adalah table sumbernya. Dalam VLookup data berupa Vertikal, sedangkan pada Hlookup datanya berupa horizontal.
HLOOKUP pada Ms.Excel
=HLOOKUP(C4,$G$12:$K$13,2,)
jika menggunakan Rumus Vlookup atau Hlookup harus untuk urusan table sumber harus menggunakan fungsi Absolute, karena kalau tidak menggunakan absolute sewaktu mendrag ke bawah sumber table juga akan bergeser kebawah. Berikut ilustrasinya. Kalau tidak menggunakan tanda absolute atau “$” dollar pada shett.
Hasilnya akan berbeda dengan tanda absolute “$” kalau tanpa absolute hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
Cara membuat Table Absolute adalah dengan setelah memilih table tekan F4 sehingga nanti semua nama table akan disi oleh tanda $,
Tanpa absolute =VLOOKUP(C4,G4:H8,2,0)
Dengan Absolute = VLOOKUP(C4,$G$4:$H$8,2,0)
Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP pada ms.excel yang bersumber beda sheet.
Kadang kita menggunakan fungsi Vlookup dan Hlookup dalam Microsoft excel dan dalam suatu kejadian antara table dan sumber referensinya berbeda sheet satu sama lain, nah untuk kasus seperti ini bagaimana solusinya. Seumpama saja ada dua sheet yaitu sheet yang bernama “ sumber” sebagai sumber nya dan sheet table sebagai tablenya.
Cara mengatasi masalah tersebut adalah sama walaupun kita menggunakan sheet yang berbeda tetap saja cara biasa bisa dilakukan. Mari kita isi table pertama diatas dengan sheet “sumber”
1. Tulis pada Sheet Table Cell D4 rumus dibawah ini.
=VLOOKUP(B4,'Sumber '!$B$2:$D$6,2,0)
Caranya walaupun berbeda sheet tetap saja menggunakan rumus sumber vlookup yang sama.
2. Pada sheet table Cell E4 tulis rumus dibawah ini.
=VLOOKUP(B4,'Sumber '!$B$3:$D$6,3,0)
3. Pada kolom Biaya Cell F4 tulislah rumus seperti ini.
=HLOOKUP(B4,'Sumber '!$A$9:$E$10,2,0)
4. Drag ke bawah untuk tiap kolomnya.
Komentar
Posting Komentar